Dasar-dasar Keamanan Informasi

Dipublikasikan oleh Muhammad Zen pada

Halo teman-teman semua. apa kabar?. semoga dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini kita akan membahas dasar-dasar keamanan informasi. Jika anda ingin membaca tutorial kami lainnya kunjungi halaman kursus.

Sebelumnya kamu pasti bertanya apa kaitan nya dengan belajar web. Jadi, dasar-dasar keamanan ini bisa kita gunakan sebagai pedoman dalam membangun aplikasi yang aman. Maka dari itu, sebaiknya ada kesadaran keamanan saat membangun aplikasi. Sehingga risiko yang timbul dapat diminimalisir.

Privacy atau Confidentiality

Aspek ini berhubungan dengan menjaga kerahasiaan data dari pihak yang tidak berhak mengakses nya.

Pada aplikasi, menjaga aspek ini sangatlah penting. Yaitu bagaimana menjaga hak akses setiap pengguna. Sehingga tidak ada celah untuk melihat diluar hak aksesnya.

Integrity

Aspek ini berkaitan dengan integritas data. Yaitu data yang dikirim sama dengan yang diterima. Bahkan informasi harus sama persis dengan yang dikeluarkan pemilik nya. Sehingga tidak boleh berubah sedikit pun.

Authentication

Aspek ini berhubungan dengan cara memastikan bahwa data otentik. Atau orang yang mengakses sistem benar-benar orang sebenarnya. dan bukan pemalsuan atau pencurian data.

Otentikasi pada aplikasi biasa dilakuan dibagian login. Beberapa cara digunakan untuk memastikan pengguna otentik. Seperti pengamanan dua langkah. Semua itu bertujuan untuk memastikan pengguna otentik.

Availability

Aspek ini berkaitan dengan ketersediaan informasi yang dibutuhkan. Artinya aplikasi harus selalu dapat digunakan kapan saja. Tanpa ada kendala seperti down. Akibat serangan-serangan permintaan palsu yang bertubi-tubi.

Referensi

https://media.neliti.com/media/publications/224959-implementasi-management-network-security-46945047.pdf

Garfinkel, S. 1995. PGP: Pretty Good Privacy. O’Reilly & Associ-ates.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *