Karakter Pada URL

Dipublikasikan oleh Muhammad Zen pada

Halo teman-teman semua. apa kabar?. semoga dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini kita akan membahas Karakter Pada URL yang penting untuk diketahui. Jika kamu belum mengikuti materi sebelumnya, silahkan kunjungi halaman kursus.

Pernahkah kamu sejenak memperhatikan URL dari halaman yang kamu kunjungi?. Apakah ada karakter-karakter yang aneh menurutmu?. Beberapa orang pasti menemukannya.

Namun ada URL yang bagus, yakni tidak ada karakter atau simbol aneh di URL. Web yang menggunakan URL yang cantik ini biasanya menggunakan konsep MVC.

Pada kesempatan lain kita akan membahas konsep MVC tersebut. Namun kamu harus paham dulu pemrograman web dasar. Kemudian naik level ke kosep MVC. Terakhir kamu bisa belajar menggunakan framework seperti CodeIgniter dan Laravel. Untuk itu tetap ikuti artikel ini ya.

Baiklah langsung saja. Berikut ini adalah karakter yang dimaksud dan penjelasannya.

  • / (sub folder) untuk yang tidak menggunakan konsep MVC.
  • ? awal variabel GET.
  • & memisahkan variabel GET.
  • = pemisah variabel dan value.

Contoh Karakter pada URL

https://belajarwebmedan.com/index.php?hal=home&user=0

Kita akan bahas mulai dari karakter “?”. Karakter “?” menandakan awal variabel. Variabel tersebut yakni “hal” dengan isi “home”. Dan variabel “user” dengan isi “0”. Dan setiap variabel harus dipisahkan menggunakan karakter &.

Cara mengambil Nilai Variabel

Jika di URL ada variabel dan nilai. Maka ada cara untuk mengambilnya. Berikut ini adalah cara untuk mengambil nilai dari variabel di URL.

<?php
  $_GET['nama_variabel']
?>

Dari kode diatas maka yang diambil adalah isi dari variabel tersebut.

Kelanjutan Materi

Materi ini mendukung beberapa materi berikutnya seperti.

  • Membuat template modular.
  • Redirect.
  • Alert atau pesan notifikasi.
  • Passing data ke halaman lain.

Mengingat materi ini sangat penting. Silahkan dipahami.

Kesimpulan

Variabel beserta nilai yang dikirim lewat url adalah data yang di passing atau dioper dari satu halaman ke halaman lain.

Sekian untuk materi kali ini. Jika kamu ingin kursus secara langsung, kami membuka kelas baru. Silahkan hubungi kontak kami di menu.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *