Mengenal Variabel di PHP

Dipublikasikan oleh Muhammad Zen pada

Halo teman-teman semua. apa kabar?. semoga dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini kita akan membahas mengenal variabel di php. Jika kamu belum mengikuti materi sebelumnya, silahkan kunjungi halaman kursus.

Pengertian Variabel

Dalam pemrograman komputer. Secara sederhana variabel adalah tempat untuk menampung suatu nilai sementara ke dalam memori (RAM). Nilai atau data tersebut kemudian siap digunakan, dioperasikan atau dimanipulasi oleh kode program selanjutnya. Yang secara fisik dilakukan oleh microprocessor.

Pernahkah kita berfikir kenapa harus ada variabel? Jawabannya yaitu agar nilai atau data bertahan. Tanpa ditampung dalam variabel tentu nilai akan berakhir begitu saja. dan tidak dapat digunakan kembali.

Ilustrasi Pentingnya Variabel

  1. Perintahkan komputer menghitung 7+5.
  2. Perintahkan komputer menghitung 7-5.
  3. Perintahkan komputer menjumlahkan kedua hasil di atas.

Maka, tentu saja komputer tidak dapat melakukan perintah ke-3. Karena 12 dan 2 tidak diingatnya atau disimpan dalam memori. Disebabkan karena diproses begitu saja.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk menyelesaikan masalah diatas. Tentunya menggunakan variabel.

  1. a=7+5
  2. b=7-5
  3. a+b

Jadi kesimpulannya sebuah variabel seperti ingatan bagi komputer untuk melakukan proses yang panjang.

Membuat dan Mengenal Variabel di PHP

Untuk menggunakan variabel di php sangat lah mudah. Tidak perlu melakukan deklarasi tipe data. Bahkan langsung diisi nilai begitu variabel dibuat.

<?php
  $a=7;
?>

Begitu variabel diperlukan. Maka kita bisa membuatnya dan mengisi nilainya. Sangat berbeda dengan bahasa pemrograman lain. Pada php tipe data langsung ditentukan php begitu nilai pertama masuk. Format nya $nama_variabel = isi variabel. Format ini tidak boleh terbalik. Tanda dolar tersebut harus selalu melekat di nama variabel.

Kesulitan dalam Mengoperasikan Variabel yang Sering Terjadi

Masih berkenaan dengan variabel. Ada beberapa kesulitan yang berakhir kesalahan atau error dalam mengoperasikan variabel. Perhatikan kode php berikut ini.

<?php
  $a=7;
  $b=5;
  $hasil=$a+$b;
  echo $hasil;
?>

Pada kode di atas kita dapat membedakan fungsi variabel yaitu:

  1. Penampung nilai awal ($a=7;)
  2. Penampung nilai hasil ($hasil=$a+$b;)

Berkaitan dengan menampung nilai hasil, sering terjadi kesulitan bagi pemula. Menuliskan perhitungan matematika yang kita semua ingat dengan baik adalah 7+5= …

Akan tetapi pada penggunaan variabel menjadi $hasil=7+5. Kebiasaan dan pemahaman ini sering membingungkan pemula. Pasti kamu mengira atau terbiasa penulisan yang benar adalah 7+5=$hasil;.

Kesalahan Nama Variabel Yang Sering Terjadi

  1. Lupa tanda $
  2. menggunakan spasi ($hasil 1)
  3. Diawali angka ($1hasil)
  4. Lupa Nama variabel adalah case sensitive

Latihan

Buatlah perhitungan luas segitiga. Menggunakan variabel $a dan $t serta variabel $hasil lalu tampilkan hasilnya dengan echo.

Penutup

Sekian untuk materi kali ini. Jika kamu ingin kursus secara langsung, kami membuka kelas baru. Silahkan hubungi kontak kami di menu.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *