Pengertian Data dan Informasi

Dipublikasikan oleh Muhammad Zen pada

Keamanan Data

Pendahuluan

Kata data dan informasi saat ini sangat sering kita dengar. Terutama pembahasan mengenai teknologi. Banyaknya teknologi yang digunakan untuk memproses data menjadi informasi menjadi alasan kita harus mengetahui data dan informasi. Namun beriringan dengan kemajuan juga terdapat hambatan. Seperti masalah keamanan data.

Pengertian Data

Data adalah sekumpulan fakta yang dicatat. Secara lebih sederhana data adalah segala sesuatu yang disimpan di memori komputer. Dalam komputer data disimpan dalam memori dalam format tertentu. Untuk pengolahan yang lebih baik, biasanya menggunakan software yang bernama Database Management System (DMBS).

Data adalah input sebuah sistem untuk mendapatkan hasil berupa informasi. Oleh karena itu perlu adanya perlakukan khusus terhadap data penting seperti data perusahaan. Perlakuan tersebut adalah pengamanan data. Agar data tidak jatuh pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jenis-Jenis Data

Secara umum data dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Teks
  • Gambar
  • Suara
  • Video

Apapun jenisnya setiap data tetaplah disimpan dalam bentuk biner didalam komputer. Sehingga apapun jenisnya, jika data tersebut penting atau rahasia. Maka perlu dilakukan pengamanan data.

Pengertian Informasi

Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan. Namun secara lebih sederhana informasi dapat diartikan sebagai data yang diperlukan. Ketika sebuah data menjadi penting, maka besar kemungkinan data tersebut adalah informasi.

Perbedaan Data dan Informasi

Setelah kita membahas mengenai data dan informasi. Maka seharusnya kita sudah bisa membedakan data dan informasi. Data adalah segala sesuatu yang disimpan dalam memori sedangkan informasi adalah bagian dari data yang diperlukan atau hasil dari pengolahannya.

Kemamanan Data

Keamanan data berkenaan dengan cara atau teknik untuk menjaga kerahasian data dari pihak yang tidak berhak mengaksesnya. Agar terhindar dari pencrurian data maupun pengerusakan data. Pengamanan data dibagi kedalam dua cara:

Pengamanan Secara Fisisk

Pengamanan data secara fisik berkenaan dengan pengamanan perangkat atau sarana teknologi yang digunakan. Komputer yang digunakan untuk menyimpan data yang penting seharusnya mendapat kemamanan baik secara fisik. Seperti ditempatkan ditempat yang baik dan aman. Terhindar dari banjir yang dapat merusak perangkat keras dan lain nya. Penjagaan dan hak akses orang yang keluar masuk ruangan tersebut.

Pengamanan Secara Logika

Pengamanan secara logika ini lah yang paling banyak dibahas. Pengamanan data secara logika ini masih berkenaan dengan prosedur-prosedur yang harus dijalani untuk mengamankan data.

Seiring dengan berkembang pesatnya internet maka aliran data pun semakin besar. Sehingga harus diimbangi dengan pengamanan nya. Secara sederhana keamanan data atau informasi dibagi menjadi empat yang dapat anda baca disini.

Membahas mengenai teknik pengamanan data maka kita akan berbicara mengenai kriptografi. Kriptografi merupakan salah satu cara untuk mengamankan data dan informasi dari orang yang tidak berhak mendapatkannya.

Penutup

Pengamanan data menjadi satu hal yang sangat diperlukan ditengah majunya teknologi pengolah informasi. Agar meminimalkan resiko yang menimbulkan kerugian baik individu maupun perusahaan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa share.

Kategori: Keamanan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *