Kriptografi Kunci Simetris dan Asimetris

Dipublikasikan oleh Muhammad Zen pada

Kriptografi
Kriptografi

1. Pendahuluan

Pada kesempatan ini kita akan membahasi kriptografi kunci simetris dan asimetris. Namun beberapa hal lain yang turut akan kita bahas diantaranya adalah :

2. Sejarah Kriptografi

Kata kriptografi berasal dari bahasa Yunani yaitu Kryptos dan Graphein. Kryptos artinya tersembunyi atau rahasia. Sedangkan graphein berarti menulis. Jadi kriptografi bisa diartikan sebagai cara menyembunyikan tulisan rahasia.

3. Pengertia Kriptografi

Kriptografi adalah teknik untuk mengamankan pesan atau teks. Caranya, pesan atau teks tersebut diubah menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca atau dimengerti manusia (disebut ciphertext). Menggunakan algoritma atau metode tertentu. Istilah untuk proses tersebut adalah enkripsi.

Didalam melakukan enkripsi, dibutuhkan kunci. Kunci tersebut juga merupakan syarat untuk mengembalikan ciphertext menjadi pesan atau teks yang dapat dibaca dan dimengerti (disebut plaintext). Istilah untuk proses tersebut adalah dekripsi.

3.1. Kesimpulan

Kriptografi adalah cara mengamankan pesan menggunakan dua tahapan yaitu enkripsi dan dekripsi.

3.1.1. Enkripsi

Proses mengubah plaintext menjadi ciphertext menggunakan kunci.

3.1.1.2Dekripsi

Proses mengubah ciphertext menjadi plaintext menggunakan kunci.

4. Kriptografi Klasik dan Modern

Setelah kita mengenal kriptografi selanjutnya kita akan bahas mengenai kriptografi klasik dan modern serta perbedaan nya.

4.1. Kriptografi Klasik

Kriptografi klasik adalah metode atau teknik kriptografi yang populer saat awal-awal kriptografi banyak digunakan. Sehingga masih sangat sederhana dalam rumus metode maupun algoritmanya.

Kriptografi klasik adalah kriptografi yang beroperasi pada karakter. Seperti alpabet (A-Z) dan angka (0-9) dan karakter lainnya.

Seiring dengan majunya teknologi kriptografi jenis ini menjadi kurang aman. Kemampuan komputer yang semangkin cepat memberikan dampak buruk pada kriptografi klasik ini. Sehingga penggunaan kriptografi modern lebih disarankan.

4.2. Kriptografi Modern

Kriptografi modern muncul karena tuntutan keamanan data yang tidak lagi terpenuhi dengan kriptografi klasik. Banyak kompetisi untuk menciptakan metode atau algoripma kriptografi yang aman. Sehingga terciptalah metode atau algoritma seperti sekarang ini.

Perbedaan yang mendasar dari kriptografi klasik adalah kriptografi modern bekerja pada biner data (0-1).Bit tersebut dikelompokkan menjadi 32 bit atau 64 bit.

Untuk mendapatkan biner dari sebuah karakter adalah dengan cara mengkonversi. Karakter tersebut dapat dikonversi kedalam kode ASCII masing-masing karakter.

5. Kriptografi Kunci Simetris

Kriptografi kunci simetris adalah sebutan untuk metode atau algoritma kriptografi yang menggunakan kunci yang sama dalam enkripsi maupun dekripsi.

Metode atau algoritma konvensional banyak menggunakan jenis ini. Seperti kriptografi klasik, umumnya kunci yang digunakan untuk enkripsi sama dengan kunci dekripsi.

5.1. Kelebihan

Berikut ini kelebihan dalam dari kriptografi kunci simetris.

  • Bebas membuat kunci
  • Umumnya proses lebih cepat

5.2. Kekurangan

Selain memiliki kelebihan ternyata jenis ini memiliki kekurangan, diataranya:

  • Memerlukan media yang aman untuk distribusi kunci.

6. Kriptografi Kunci Simetris

Kriptografi kunci asimetris adalah sebutan untuk metode atau algoritma kriptografi yang menggunakan kunci yang berbeda dalam enkripsi maupun dekripsi.

Ide kriptografi jenis ini muncul karena alasan distribusi kunci yang aman. Kenapa kriptografi jenis ini distribusi kuncinya aman?

  • Karena kunci untuk enkripsi tidak serahasia kunci untuk dekripsi.

Sehingga pengguna kriptografi jenis ini cukup mendistribusikan kunci untuk enkripsisi (kunci publik). Dan meragasiakan kunci untuk dekripsinya (kunci privat).

6.1. Kelebihan

  • Lebih aman dalam distribusi kunci

6.2. Kekurangan

  • Kunci tidak bisa ditempa, karena prosesnya generate key.
  • Proses relatif lama untuk enkripsi maupun dekripsi.

7. Penutup

Sekian penjelasan untuk kriptografi kunci simetris dan asimetris. Jika atikel ini membantu kamu. Silahkan di share.

Kategori: Keamanan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *