Keamanan Jaringan

Dipublikasikan oleh Muhammad Zen pada

1. Pengertian jaringan

Jaringan komputer adalah salah satu sarana untuk bertukar data antara satu pengguna komputer dan lain nya. Ada dua jenis jaringan yang sering kita dengar yaitu lokal dan internet. Sesuai dengan isyarat nama nya lokal berarti lingkup kecil dari sebuah jaringan komputer. Baik itu jaringan lokal untuk perusahaan, organisasi maupun yang lainnya. Sehingga ancaman yang timbul jauh lebih kecil dari jaringan internet. Sedangakan jaringan internet adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan komputer dengan komputer lain di seluruh dunia. Tentu saja bahaya atau ancaman lebih besar pada jaringan internet.

sumber

2. Konsep Keamanan Jaringan

Konsep keamanan dalam sebuah jaringan bergantung dari media jaringan tersebut. Baik jaringan dengan kabel maupun jaringan tanpa kabel. Proses pengamanan jaringan dimulai dari autentikasi. Setelah autentikasi maka selanjutnya adalah tugas firewall untuk memberikan aturan. Seperti memperbolehkan pengaksesan situs tertentu dan sebaliknya.

3. Mengamankan jaringan

Pengamanan jaringan yang baik harus dilakukan. Namun untuk memastikan seratus persen aman adalah hal yang sulit tercapai.

3.1. Pembatasan akses

Pembatasan akses dilakukan dengan cara authentication. Authentication digunakan untuk melindungi jaringan dengan memanfaatkan password.

3.2. Pencegahan

Pencegahan merupakan langkah terbaik untuk mengamankan jaringan. Seperti mendeteksi penyusup dan memblokirnya sebelum pencurian maupun kerusakan terjadi. Pencegahan dapat dilakukan dengan layanan yang terpercaya. Layanan tersebut akan melindungi perangkat dari dari ancaman dengan melihat gelagat atau potensi ancaman. Penggunaan antivirus dapat menjadi solusi paling standar.

3.3. Enkripsi

Mengamankan jaringan dengan teknik enkripsi paling populer digunakan. Namun semakin tinggi tingkat pengamanan maka semakin rendah capaian produksi.

3.4. Menggunakan VPN

Perinsinya hampir sama dengan dengan pengamanan cara enkripsi. VPN atau Virtual Private Network dapat mengamankan jaringan ketika pengguna berselancar di jaringan internet.

Kategori: Keamanan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.